Pansos di Kasus Ayu Thalia

 

thalia

Ayu Thalia melaporkan Nicholas Sean, Selasa (31/8/21), penganiayaan. Dia dilaporkan Nicholas, Kamis (2/9/21), pencemaran individu. Dia akan dilaporkan Kongres Pemuda Indonesia (KPI), Kamis (2/9/21), pornografi, tapi dibatalkan. Dia melaporkan A, Kamis (2/9/21) illegal access.

Ayu, dikenal juga dengan nama Thata Anma, jadi orang tersibuk urusan polisi, pekan ini. Siapa dia?

Dia kelahiran Jakarta, 9 Mei 1996. Penyanyi. Menerbitkan single bersama grup Sailormoon, berjudul OMG. Kemudian ganti main sinetron. 

Sinetron: Raden Kian Santang (2013), Kami Bukan Malaikat (2013), Si Cemong (2013), Cinta yang Sama (2013), Akhir Hidup Ibu Kejam. Setelah itu, tidak terbit lagi. 

Kini ia bekerja di showroom mobil di Jakarta Utara. Selebgram, nama akun @thata_anma dengan 58.700 followers, per Kamis, 2 September 2021. 

Kasusnya ada dua. Dia mengaku dianiaya Nicholas Sean (putera Basuki Tjahaja Purnama - Ahok. Tepatnya, didorong dari dalam mobil yang berhenti, sehingga lecet kaki.

Dan - ini yang seru - rekaman pembicaraan dia dengan pengacara pria kondang, yang dinilai porno. Dua kasus ini lalu bercabang-cabang.

Kasus pertama: Diceritakan Ayu kepada pers, pada 27 Agustus 2021 dia berada di dalam mobil berhenti bersama Nicholas. Kemudian Nicholas mendorongnyi, hingga lecet kaki.

Ayu: "Waktu itu saya di kantor saya, showroom mobil Prestige. Pelaku mendatangi saya, membahas hubungan saya dengan pelaku. Kemudian pelaku menyuruh saya ke mobil pelaku, saya ikuti. Ngobrol di dalam mobil, pelaku sakit hati. Kemudian pelaku mendorong saya dari dalam mobil hingga saya terjatuh dan saya terluka.”

Ayu mendatangi RS Atma Jaya Jakarta. Visum lecet di kaki, kemudian melaporkan Nicholas ke Polsek Penjaringan Jakarta Utara, Selasa (31/8/21).

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Guruh Arif Darmawan kepada wartawan, Rabu (1/9/21) mengatakan:

"Semua masih kami proses sesuai dengan prosedur, baik laporan yang ada di Polsek Penjaringan maupun yang ada di Polres Metro Jakarta Utara, semuanya akan kami proses sesuai dengan prosedur.”

Nicholas kepada wartawan mengatakan, tuduhan Ayu tidak benar. Kemudian melalui kuasa hukum, Nicholas memberikan somasi ke Ayu, agar meminta maaf, dengan batas 1 X 24 jam. 

Ayu tidak minta maaf, Nicholas melaporkan Ayu dengan tuduhan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya, Kamis (2/9/21). Saling lapor ini sama-sama diproses polisi.

Kasus kedua: KPI awalnya hendak melaporkan Ayu dan pengacara kondang, diduga Hotman Paris Hutapea. Soal video viiral, pembicaraan Ayu dengan (diduga) Hotman. Yang diduga bermuatan porno. Namun, kemudian KPI membatalkan laporan. Beralih melaporkan orang yang mengunggah konten tersebut.

Pengacara KPI, Pitra Romadoni kepada pers mengatakan: "KPI membuat laporan tertulis sesuai Pasal 108 KUHAP. Sudah diterima Krimsus Polda Metro. Yang dilaporkan terlebih dahulu ke penyebar dulu, ke pemilik akun Twitter dan Instagram.”

Apa isi konten yang dilaporkan? “Pembicaraan bermuatan porno,” ujar Pitra.

Pembicaraan Ayu dengan sang pengacara melalui live streaming Bigo. Ditonton publik. Lalu, pembicaraan itu direkam A, dan disebarkan ke medsos sehingga viral.

Isi pembicaraan cukup seronok. Dikutip dari Youtube VIVAnewsdaily, 2 September 2021 (pada saat itu) dengan 46.726 viewers. Pembicaraan Ayu dengan pria diduga Hotman Paris. Isinya begini:

"Tiga star gua kasih nih nomor teleponnya," kata Ayu. Maksudnya, Ayu sedang live streaming Bigo ditonton publik. Jika publik memberi star (tanda bintang) pada akun Ayu, nama nomor telepon orang yang diajak bicara, akan dipertontonkan.

Catatan: star atau diamond di Bigo bisa bernilai uang tunai. Minimal penarikan adalah 6.700 diamond atau setara dengan Rp 2.000.000.

Ayu kemudian memamerkan nomor telepon orang yang dia telepon. Tertera nama kontak "Hotman Paris New".

Ayu curhat, bahwa dia baru putus hubungan dengan pasangan. Dia mengaku sedang galau.

Si pria, kemudian menyinggung percakapan soal ranjang. "Eh kamu KB pakai apa sih? Pakai obat apa?"

Thata menjawab tak mengonsumsi obat apa pun. Pria penasaran, bertanya: "Jadi gimana, di luar?"

Ayu tak menjawab namun langsung mengajak Hotman untuk bertemu.

Pria: "Gua enggak suka pakai kondom, enggak enak. Yang enak kan daging ketemu daging.” 

Ayu menyadari bahwa itu ditonton publik, maka dia mengalihkan pembicaraan, minta ketemu langsung soal penjualan mobil.

Apa tanggapan Hotman Paris? 

Hotman; "Saya nggak bisa komen, karena saya belum lihat aslinya. Saya belum bisa komen. Bosnya dia kan temen aku si Rudy. Ya sering telepon ke sana lah temenan sama bosnya, sering telepon mobil," tutur Hotman kepada wartawan, Kamis (2/9/2021). Yang dimaksud Hotman dengan “dia’ adalah Ayu Thalia, pekerja showroom mobil.

“Di mana unsur porno?” tanya Hotman kepada pers. ‘Coba, tunjukkan dimana?”

Hotman: "Selama ini keluarga berencana sama puskesmas kan sering mengkampanyekan agar pakai KB, kondom artinya apa, artinya kamu disuruh membungkus punyamu dengan kondom. Itu pidana bukan kalau ada kalimat itu? Sebaliknya, kalau ada orang yang mengatakan saya tidak suka kondom saya sukanya yang alamiah, pidana gak? Makanya orang-orang yang laporan polisi pansos semua tuh.”

Sementara itu, Ayu Thalia melaporkan orang yang menyebarkan live streaming Bigo itu ke medsos, sehingga viral. Laporan sudah masuk ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan illegal access.

Kelihatannya dua kasus yang berbeda itu berbelit. Tapi, sebagai selebgram, Ayu diuntungkan, bermasalah dengan dua tokoh publik figur itu. Disengaja atau tidak, dia pansos. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.