RESENSI NOVEL 728 HARI Oleh Ruth Melisa


HIDUP ADALAH PERJUANGAN
Judul Buku    : 728 Hari
Pengarang    : Djono W. Oesman
Penerbit        : Best media PT Melvana Media Indonesia
Tahun terbit : Cetakan pertama, Oktober 2015
Tebal buku   : 336 Halaman

Novel ini secara garis besar bercerita mengenai seseorang yang mengidap Lupus. Saat usianya belum empat belas tahun punggungnya harus dibor, sumsum tulang belakang diambil untuk menegakkan diagnosis. Dokter memvonis bahwa hidup  Eva Meliana Santi tinggal 728 Hari lagi. syok, kaget, sedih semua bercampur aduk ketika Eva mendengar vonis tersebut. Namun ternyata vonis dokter salah, Eva dapat hidup lebih dari 728 Hari. Rumah sakit bagaikan rumah kedua baginya, pada saat usia masih belia  Eva sudah sangat akrab dengan rumah sakit. Namun Eva sangat beruntung karena memiliki ibu yang sangat menyanyanginya, selalu menemaninya bahkan tak ingin meninggalkan Eva sendiri walau hanya beberapa saat. Saat pertamakali mendengar pernyataan dari dokter bahwa Eva mengidap lupus, betapa rapuhnya hati Ibu Eva, terlalu sedih untuk menerima kenyataan. Dokter berkata bahwa lupus tidak akan bisa sembuh, namun penyakit itu seperti tidur, kadang terlihat sehat namun seketika dapat parah atau kambuh. Hidup  Eva bergantung pada obat-obatan dalam sehari ia dapat menghabiskan 15-30 butir obat. Segala macam oerasi sudah ditempuh, mulai dari pengangkatan limpa, serta operasi lainnya. Rasa letih sudah sangat akrab dirasakan Sugiarti, bahkan Ia pun sudah terbiasa tidur terjaga dirumah sakit, air mata pun hampir habis tapi tetap tidak ingin tunjukkan pada Eva. Sugiarti adalah seorang Ibu yang gigih dan  luar biasa hebat.

Pemakaian Bahasa
Djono W. Oesman menggunakan bahasa yang dapat diterima oleh pembaca dengan baik. Bahasanya ringan namun tetap sanggup menghantarkan makna yang dalam, penulis memberikan informasi mengenai lupus yang menjadikan tambahan informasi bagi pembaca. Namun penulis memberikan contoh atau Ilustrasi yang kurang tepat ketika akan menyampaikan maksutnya.

Yang membedakan novel ini dengan true story “kamu sekuat aku” karya Ashni Sastrosubroto adalah pada novel ini Ibu yang terlihat lebih berperan sedangkan pada novel “kamu sekuat aku” ayah ikut terlihat berperan juga. Ashni dikisahkan menderita kanker darah atau leukemia namun Ia pada akhirnya sembuh berbeda dengan Eva. Eva mengalami sakit ini dari kecil, sedangkan Ashni ketika dewasa. Perbedaan lain[pya adalah novel 728 hari dibuka dengan soal anak SD dan perdebatan kecilnya yang menarik bagi pembaca

Keunggulan novel “kamu sekuat aku” merupakan kisah nyata si penulis sehingga dapat menjadikan motivasi kepada para pembaca, mengajarkan para pembaca arti hidup yang sesungguhnya.
Keunggulan novel 728 hari ini adalah penulis benar-benar dapat membuat pembaca masuk ke dalam cerita kemudian pembaca akan terbawa  dalam isi cerita dan turut merasakan perasaan tokoh tersebut
Kelemahan novel “kamu sekuat aku”  adanya bahasa yang kurang dipahami yaitu bahasa sunda. Memang awalnya terdapat keterangan tentang bahasa tersebut namun pada halaman tengah sampai akhir terdapat bahasa sundas tanpa keterangan

Kelemahan novel ini adalah novel ini hampir tidak memiliki kelemahan, hanya terdapat pada penggunaan bahasa saja ketika penulis mencoba memberikan contoh atau Ilustrasi yang kurang tepat.

                                                                         
Penilaian Resensi :
Skala Penilaian (1-10)
1. Pemahaman Tentang Novel : 8
Ruth Melisa memahami isi novel 728 Hari. Terlihat dari resensi yang dibuatnya. Hal ini penting sebelum membuat resensi sebuah buku atau novel.

2. Wawasan Bacaan : 7
Penulis resensi membandingkan antara 728 Hari dengan Kamu Sekuat Aku. Ini adalah perbandingan yang bagus, karena tema novelnya sejenis.

3. Gaya Penulisan Resensi : 6
Teknik penulisan cukup baik. Kekurangannya adalah tidak ada pemenggalan paragraf di sinopsis. Serta banyak menggunakan kalimat yang panjang.

4. Keaslian & Penilaian : 7,5
Penulis resensi ini murni membuat resensi sendiri. Tidak mencontoh resensi atau sinopsis yang sudah ada. Penilaiannya terhadap 728 Hari juga tergolong objektif.

5. Unsur Resensi : 6
Isi resensi ini cukup lengkap.

TOTAL POIN : 34,5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.