RESENSI NOVEL 728 HARI Oleh Rosidah Dee


Judul novel : 728 Hari
Penulis : Djono W Oesman
Cetakan ke/tahun terbit :ke 1,Oktober 2015
Penerbit : Best Media,PT.MELVANA MEDIA INDONESIA
Tebal buku : 336 Halaman

Novel ini menceritakan Sebuah kisah nyata bagaimana ibu Almarhumah Eva Membakar semangat para pemuda dan orang orang sekelilingnya Walaupun ia menyandang penyakit LUPUS yang obatnya belum pernah ditemukan,yang menyebabkan kematian jangka panjang,pelan,Tapi Pasti.
Menjadi seseorang yang peka dan kritis dalam Setiap persoalan menjadi suatu hal yg perlu bagi Mbak Eva (almh),serta memanfaatkan waktu 728 hari untuknya.Dokter memvonisnya umurnya hanya tinggal 728 hari lagi,akan tetapi semua itu tak membatasi semua aktivitasnya,bahkan ia tambah bersemangat dalam menjalani hidup ini,Ia teringat akan nasehat Dokter,jalani hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat.Nanan ,Separuh hati Eva,Adalah seseorang yang selalu mensupport dirinya ,mama adalah Sosok yang sangat setia berada di sampingnya.Sahabat,menghilangkan segala beban yang ada dalam diri.Mereka adalah sosok yang luar biasa.Bagaimana tidak?Vonis Dokter yang dianggap akan merenggut nyawanya dalam 728 hari itu hanya sugesti semata.Karena Eva yakin bahwa Seberapa lama  hidupnya Bukan karena penyakit,melainkan Semangat dari diri sendiri serta Orang orang di sekelilingnya.
Keunggulan dari kisah ini adalah Penulis berhasil membawa citra dari sosok Ibu Eva bagaimanapun dan Apapun halangan yang kita hadapi,lekatkanlah rasa Semangat yang tinggi,jangan pernah putus Asa dan memanfaatkan diri kita sebaik  mungkin untuk orang orang di sekeliling kita.Serta Dalam Penulisan Segi bahasanya Pun mudah dimengerti sesuai dengan Era Remaja Saat ini.
Novel true story ini Sama dengan Layaknya Novel-Novel true story seperti Surat Kecil Untuk Tuhan yang bersifat inspiratif dan Membangun.Bila Novel surat kecil untuk tuhan Ini bercerita tentang suatu penyakit dan penderitaannya,maka novel 728 hari ini lah yang Berusaha membangkitkan semangat yang sangat luar biasa untuk melawan Segala penyakit.
Namun kelemahan dari novel ini adalah Dari segi bahasa nya ada yg tidak Resmi atau dialog yang terdapat kata yang penulisannya mungkin bagi sebagian orang lain kurang paham betul dengan kosakata tersebut.

Penilaian Resensi :
Skala Penilaian (1-10)
  1. Pemahaman Tentang Novel : 7
Rosidah Dee cukup memahami isi novel 728 Hari. Meskipun ada beberapa penggambaran cerita yang kurang tepat.
  1. Wawasan Bacaan : 7
Penulis resensi membandingkan antara 728 Hari dengan Surat Kecil Untuk Tuhan. Ini adalah perbandingan yang bagus, karena tema novelnya sejenis.

  1. Gaya Penulisan Resensi : 4
Teknik penulisan resensi ini kurang menarik. Banyak kalimat yang panjang dan sulit dimengerti.Struktur tulisannya juga kurang baik, ada beberapa pemenggalan paragraf yang tidak tepat.
  1. Keaslian& Penilaian : 7
Penulis resensi ini murni membuat resensi sendiri. Tidak mencontoh resensi atau sinopsis yang sudah ada. Penilaiannya terhadap 728 Hari juga tergolong objektif.
  1. Unsur Resensi : 6
Unsur resensi ini cukuplengkap, karena hanya memiliki sinopsis, identitas buku, perbandingan dan kelebihan kekurangan.


TOTAL POIN : 31

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.