RESENSI NOVEL 728 HARI Oleh Rafika Nurul


RESENSI NOVEL728 HARI KARYA DJONO W. OESMAN
Oleh Rafika Nurul Hidayah
1.     Identitas Buku
Judul                           : 728 Hari
Penulis                         : Djono W. Oesman
Penerbit                       : PT. Melvana Media Indonesia
Terbit                           : Oktober 2015
ISBN                           : 978-602-73303-1-3
Tebal                           : 336 halaman
Harga                          : Rp75.000


2.     Sasaran Resensi
1.      Latar Belakang Karya
a.       Tema
Tentang perjuangan hidup seorang wanita yang tak pernah menyerahmelawan penyakit Lupus.



b.      Sinopsis singkat
728 hari adalah sisa usia yang divonis oleh dokter kepada Eva Meliana Santi, seorang wanita cantik yang lahir diDesa Mekarsari, Kecamatan Kotawinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, 5 September 1976. Saat usianya masih sangat belia, Eva yang  seharusnya menikmati cerianya masa remaja, justruharus mengalami kepahitan hidup dengan kesakitan yang ia alami.
Di usia sekolah, Eva sakit-sakitan, ia selalu berhubungan dengan segala yang berbau medis. Untuk menegakkan diagnosis, punggung Eva dibor, diambil cairan sumsum tulang belakang. Hasilnya, Eva mengidap Lupus, penyakit mematikan yang belum ada obatnya.Sejak itu, organ tubuhnya rusak satu demi satu. Lupus menggerogoti tubuhnya, merusak organ-organ dalam, mulai dari sel darah merah, ginjal, kantong empedu, limpa, dan terakhir nyaris buta. Rumah sakit ibarat rumah kedua bagi Eva. Pengalaman pahit ini ia lakoni bertahun-tahun sampai Eva beranjak dewasa dan berkelurga.
Di tengah keadaan yang melemahkan, Eva masih beruntung, ia memiliki keluarga yang begitu setia menemani masa-masa sulitnya. Ibunda Eva merawatnya dengan sabar.Suami Eva pun demikian, Nanan, sudah mengetahui Lupus Eva sejak sebelum menikah, namun lelaki itu tetapmenikahinya. Pernikahan berjalanterseok-seok. Namun, Nanan selalu tabah dan setia mendampingi Eva. Sampai Eva meninggal, dia tetap mencinta.
Kekurangan Eva yang mengidap Lupus tak lantas membuatnya melemah dan pasrah begitu saja, wanita tegar ini selalu menjalani hidup dengan penuh semangat dan pantang menyerah, sehingga kisah hidupnya begitu menginspirasi dan memberikan banyak pelajaran hidup.

c.       Penciptanya
Bernama lengkap Djono Wikanto Oesman, mengawali karier Wartawan Jawa Pos di Surabaya pada tanggal 1 Agustus 1984. Jabatan terakhir Redaktur Pelaksana Indo Pos (anak Jawa Pos di Jakarta) 2008. Selanjutnya, Redaktur Pelaksana Indonesiarayanews.com. beliau pernah dinobatkan sebagai penulis features terbaik Jawa Pos.
d.      Lembaga Pendukung
PT. Melvana Media Indonesia, Yayasan Lupus Indonesia

e.       Alasan Menciptakan Karya
Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada para penderita Lupus serta menghasilkan karya yang inspiratif.

f.       Jenis Karya
Termasuk karya non fiksi.

g.      Unsur Instrinsik
Latar
Latar Tempat : berpindah-pindah. Beberapa latar tempat yaitu, rumah, sekolah, rumah sakit, masjid, pemakaman, dsb.
Latar Waktu  : relatif berubah-ubah, mulai dari pagi, siang, sore, malam.
Latar Suasana  : digambarkan dominan nuansa haru dan sendu
Gaya bahasa
Gaya bahasa sederhana, mudah dipahami dan dapat dinikmati berbagai kalangan pembaca.

Tokoh
Eva sebagai tokoh utama, dilengkapi oleh banyak tokoh seperti Ibunda, Ayah, Suami, teman-teman, dsb.
Alur
Alur maju, karena memuat cerita secara kronologis/runtut dan memuat struktur rangkaian kejadian kronologi yang saling terkait.

Isi
Isi cerita menarik, dikemas secara apik, serta mampu memainkan emosi pembaca.
Kutipan Menarik
Nanan (suami Eva) dalam 728 Hari hlm.256, “Cintaku padamu menembus kehidupan fana. Cintaku padamu ladang pahalaku hidup di dunia”.

2.     Perbandingan dengan Karya Sejenis
IDENTITAS BUKU
Judul                     : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis                   : Agnes Danovar
Penerbit                 : Inandra Published
Tahun Terbit          : 2008
Cetakan                 : Jakarta,September 2011
Edisi                      : Ke – 8
Tebal Buku            : 232hlm
Harga Buku           : Rp 38.800

Persamaan
Perbedaan
Mengangkat kisah wanita yang berjuang melawan penyakit mematikan
728 Hari berkisah tentang perempuan bernama Eva yang mengidap penyakit Lupus, sedangkan SKUT bercerita tentang perempuan bernama Keke yang mengidap kanker
Berdasarkan kisah nyata(non fiksi)
728 Hari menggunakan sudut pandang orang ke-3 pelaku utama (Eva), sedangkan SKUT menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama (Aku)
Sad ending


Dari perbandingan di atas, Novel 728 Hari dapat dikatakan lebih unggul dalam gaya bahasa. Karena lebih mudah dipahami dan lebih enak dibaca dibandingkan dengan gaya bahasa di Novel Surat Kecil untuk Tuhan.

3.     Nilai Karya
a.      Kelebihan
            Banyak kelebihan yang didapatkan dalam novel 728 Hari. Mulai dari cover dan judul yang menarik, drama yang disajikan tidak biasa, terdapat tikungan cerita yang tepat, konflik dimuat tidak berlebihan dan berdasarkan kisah nyata, cerita sangat menginspirasi, gaya bahasa yang digunakan sederhana alias mudah dipahami segala kalangan pembaca, serta mampu memainkan emosi pembaca.

b.     Kelemahan
            Pada dasarnya, novel ini hampir tidak ada kelemahan. Hal itu dikarenakan penulis mampu menggambarkan kronologi cerita secara baik, dibungkus apik bersama setting dan penokohan yang kuat. Namun, ‘Tak ada gading yang tak retak”, kelemahan terdapat pada bentuk narasi dan ungkapan dalam cerita yang hampir monoton serta selalu diakhiri dengan intonasi final (titik), padahal baru satu atau dua kalimat, sehingga intonasi pembaca menjadi begitu singkat.

c.      Penilaian
            Isi cerita amat inspiratif. Sangat layak untuk dibaca, karena dapat menginspirasi pembaca serta banyak amanat positif yang hendak disampaikan penulis.

d.     Pertimbangan
            Dari hasil resensi ini, Novel 728 Hari karya Dono W. Oesman sangat layak dibaca karena berbagai pertimbangan yang telah disampaikan di atas, khususnya pada poin kelebihan buku 728 Hari.


Penilaian Resensi :
Skala Penilaian (1-10)
1.      Pemahaman Tentang Novel : 8
Rafika Nurul Hidayah cukup memahami isi novel 728 Hari. Hal ini penting sebelum membuat resensi sebuah buku atau novel.

2.      Wawasan Bacaan : 7
Penulis resensi membandingkan antara 728 Hari dengan Surat Kecil Untuk Tuhan. Ini adalah perbandingan yang bagus, karena tema novelnya sejenis.

3.      Gaya Penulisan Resensi : 7
Teknik penulisan sudah baik. Paragraf pembukanya menarik.  Resensinya tidak terlalu panjang, namun mewakili isi novel. Gaya penulisannya juga terstruktur dengan baik.
4.      Keaslian & Penilaian : 8
Penulis resensi ini murni membuat resensi sendiri. Tidak mencontoh resensi atau sinopsis yang sudah ada. Penilaiannya terhadap 728 Hari juga tergolong objektif.
5.      Unsur Resensi : 8
Unsur resensiini lengkap, karena memiliki sinopsis, identitas buku, info penulis, dll


TOTAL POIN : 38

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.