RESENSI NOVEL 728 HARI Oleh Nurul Zahara


Nurul Zahara
Resensi Novel 728 hari

Semangat Hidup

A. Identitas Buku

Judul resensi       : Semangat hidup
Judul buku : 728 hari
Penulis : Djono W. Oesman
Penerbit : PT Melvana Media Indonesia
Tahun terbit : 2015
Cetakan ke-1 : Oktober 2015
ISBN : 978-602-73303-1-3
Tebal buku : 336 halaman


B. Kepengarangan
Novel ini ditulis oleh bapak Djono W. Oesman seorang jurnalistik yang mengawali karirnya sebagai wartawan Jawa Pos, 1 agustus 1984 di Surabaya.  Jabatan terakhir Redaktur Pelaksana Indo Pos (anak jawa pos di Jakarta) 2008. Sempat menjadi Redaktur Pelaksana Indonesiarayanews.com. ia  pernah dinobatkan menjadi penulis features (jurnalistik bersastra) terbaik Jawa Pos.
    Novel 728 hari diangkat berdasarkan kisah nyata yang telah disetujui oleh tokoh utamanya sendiri. Karena novel ini kisah nyata, ia menganggap sebagai berita features durasi panjang. Ia juga menyebutnya novel jurnalistik. Novel 728 hari juga merupakan novel pertamanya.
C. Sinopsis Novel

 Seorang wanita yang berjuang dengan penyakit ganas yang belum ada obatnya pada waktu itu. Pengorbanan ibunya tidak terbayar dengan apapun, biaya pengobatan yang dikeluarkan sudah tak terhitung, kisah cintanya yang dramatis, jatuh bangun menerima kenyataan disaat bagian dalam tubuhnya hilang satu persatu, punggungnya di bor, kantung empedu diangkat semua ia hadapi dengan semangat juang yang tinggi. Dokter memvonis usianya tidak lama lagi. Ia menghitung mundur 728 hari. hidup dengan penyakit ganas yang menggrogoti organ tubuhnya satu persatu namun, sampai sejauh mana ia sanggup bertahan? Ketabahannya sungguh menggetarkan hati banyak orang. Membuat pembaca akan lebih menghargai hidup.

D. Isi Resensi

a) Aspek bentuk
Karena novel ini berdasarkan kisah nyata maka bentuknya non fiksi atau true story.

a) Kualitas cerita
Novel 728 hari memiliki Kualitas cerita yang sangat tinggi, kreatif, dan menarik, karena novel ini menginspirasi banyak orang. Membuat orang lebih menghormati ibu, menghargai waktu dan pastinya semangat menjalani hidup. Novel ini juga berpesan bahwa hidup tidak semata mata menghabiskan waktu tapi bagaimana orang tersebut bisa berguna dan bermanfaat untuk orang yang ada di sekitarnya.

b) Teknik penulisan dan gaya bahasa
Novel ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh si pembaca. Teknik penulisannya baik karena tidak ada kesalahan ketik didalam novel tersebut. Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini juga mengandung unsur ketertarikan bagi si pembaca.

E. Keunggulan Novel

Salah satu keunggulan novel ini terdapat di awal cerita yang mana penulis mengawali dengan cerita yang tidak klise, kreatif dan tidak biasa dipakai oleh penulis pada umumnya. Novel ini juga sangat menjaga perasaan semua pihak yang terlibat didalam tokoh dan penokohan di novel ini dengan cara meminimkan nya konflik yang terjadi sehingga tidak ada pihak yang merasa tersinggung atau dirugikan karena novel ini. Didalam novel tersebut juga terlampir beberapa foto dari Almarhumah Eva Meliana selaku tokoh utama dalam novel 728 hari sehingga pembaca merasa lebih terhanyut kedalam suasana yang ada dan mengenal sosok yang sangat menginspirasi itu. Dalam novel ini juga terdapat nilai nilai kehidupan seperti nilai pendidikan, nilai keagamaan, nilai sosial dan lainnya.  Selain itu, keunggulan novel ini ada pada isinya sendiri yang mana membuat banyak orang terinspirasi oleh kisah yang terjadi, dan menarik perhatian orang untuk bisa menjadi lebih baik.

F. Kelemahan Novel

Segala sesuatu memiliki keunggulan dan kelemahannya, begitu juga dengan  novel ini. Kelemahan dalam novel ini tidak terlalu mencolok, hanya saja jika biasanya yang kita temukan diawal buku ataupun novel salah satunya adalah daftar isi. Di novel ini tidak terlihat daftar isi tersebut. Pada novel ini juga terdapat beberapa analogi yang sulit dimengerti oleh para pembaca.

G. Membandingkan dengan novel kisah nyata lainnya

Ø Materi cerita

Apabila melihat novel true story atau kisah nyata lainnya seperti misalnya di novel  “Surat Kecil Untuk Tuhan”  yang ditulis oleh Agnes Davonar, kisahnya hampir sama tentang seorang wanita yang berjuang dengan penyakit ganasnya tetapi mempunyai semangat hidup yang tinggi. Dalam novel ini penulis mengangkat cerita dari Gita Sesa Wenda Cantika sang tokoh utama. Bedanya dalam novel tersebut peran ayah lebih menonjol dalam hal kesembuhannya, sedangkan pada novel 728 hari peran ibu lah yang sangat menonjol. Alur cerita dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan adalah alur maju mundur, sementara pada novel 728 hari alur yang digunakan alur maju karena disusun dalam bentuk kronologi periode waktu. Meskipun penyakitnya berbeda namun sama sama menyerang organ tubuh satu persatu. Keduanya merupakan kisah yang memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Ø Teknik penulisan dan gaya bahasa

Dalam hal teknis penulisan novel 728 hari lebih unggul karena tidak ditemukan tulisan tulisan yang salah atau keliru sementara dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan ada beberapa penulisan yang  salah. Dalam hal gaya bahasa kedua novel tersebut sama kuatnya karena menggunakan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami si pembaca.

Penilaian Resensi :
Skala Penilaian (1-10)
1. Pemahaman Tentang Novel : 7
Nurul Zahara cukup memahami isi novel 728 Hari. Hal ini penting sebelum membuat resensi sebuah buku atau novel.

2. Wawasan Bacaan : 7
Penulis resensi membandingkan antara 728 Hari dengan Surat Kecil Untuk Tuhan. Ini adalah perbandingan yang bagus, karena tema novelnya sejenis.

3. Gaya Penulisan Resensi : 5
Ada kekurangan dalam gaya penulisan, yaitu penulis menggunakan kalimat serta paragraf yang panjang. Serta ulasan sinopsis terlalu singkat.

4. Keaslian & Penilaian : 7
Penulis resensi ini murni membuat resensi sendiri. Tidak mencontoh resensi atau sinopsis yang sudah ada. Penilaiannya terhadap 728 Hari juga tergolong objektif.

5. Unsur Resensi : 7
Unsur ini cukup lengkap, karena memiliki sinopsis, identitas buku, info penulis, dll

TOTAL POIN : 33

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.